Kurma Nabi

Kurma Nabi

Ada banyak jenis kurma premium yang populer di Indonesia. Salah satu jenis kurma yang terkenal ialah kurma ajwa atau kurma nabi. Kurma ini biasanya dijual dengan harga mahal. Konon karena kurma ajwa memiliki beragam manfaat kesehatan dan menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Lantas, sebetulnya apa sih kurma ajwa? Berikut uraian penjelasannya.

kurma ajwa adalah jenis kurma premium yang berasal dari Madinah.

Tepatnya di dataran tinggi dekat Nejed, Saudi Arabi. Peziarah haji dari seluruh dunia biasanya membeli kurma ajwa untuk dijadikan oleh-oleh. Kurma ajwa berbentuk bulat dengan tekstur kulit yang halus tetapi mengerut. Rasa daging buahnya agak manis seperti kismis. Namun teksturnya daging buahnya tidak begitu lembut.

Biasanya kurma ajwa dikonsumsi pada tahap kematangan tamar, yakni ketika kulitnya sudah berwarna coklat kehitaman. Kurma ajwa yang belum masak atau masih khalal berwarna merah kesumba. Pada tahap rutap, kurma ajwa muncul warna hitam dari bagian ujungnya. Di Indonesia, harga kurma ajwa lebih mahal daripada jenis kurma kebanyakan. Dilihat dari marketplace, satu kilogramnya diberi harga lebih kurang Rp 200.000.

Kurma ajwa disebut sebagai kurma pertama yang dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti dilansir dari Arab News. Hal inilah yang lantas membuat membuat kurma ajwa juga dikenal dengan sebutan kurma nabi. Setelah ditanam oleh Nabi Muhammad SAW, kurma ajwa lalu mulai dibudidayakan hampir di seluruh tanah Arab. Kurma ajwa dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan dulu masyarakat Arab gemar mengonsumsi kurma ajwa sebanyak lima sampai tujuh buah per hari. Konsumsi kurma ajwa secara rutin dapat membuat tubuh terhindari dari karsinoman atau sel kanker yang berkembang dalam tubuh.

Laman King Saud University juga menyebutkan manfaat kurma ajwa. Di dalam kurma ajwa terdapat kandungan glikosida flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Selain itu, ditemukan juga efek penghambatan siklooksigenase pada kurma ajwa yang sifatnya mirip dengan obat antiinflamasi. Kandungan gula dalam kurma ajwa bersifat monosakarida yang aman untuk penderita diabetes tipe 2. Kurma ajwa dipercaya dapat meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan jantung, serta baik untuk ibu hamil. Kamu dapat mengonsumi kurma ajwa untuk menu takjil ketika buka puasa.

× Hubungi Kami